Jumat, 24 Agustus 2018

Mengenal Kitab Kuning







Kitab kuning berisi pelajaran-pelajaran agama Islam (diraasah al-islamiyyah) yang diajarkan pada Pondok-pondok Pesantren, mulai dari fiqh, aqidah, akhlaq/tasawuf, tata bahasa arab (`ilmu nahwu dan `ilmu sharf), hadits, tafsir, `ulumul qur'aan, hingga pada ilmu sosial dan kemasyarakatan (mu`amalah).

Kitab kuning dapat disebut juga handbook of Islamic studies, atau buku pintar, seorang ustad belum mantap menjadi ustad kalau belum mempelajari kitab kuning. Dinamakan kitab kuning karena kertasnya berwarna kuning, dan kita selalu melihat seorang ustad/kyai
membawa kitab kuning dalam pembelajaran di pesantrennya. Kitab kuning dikenal juga dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun), tidak seperti kitab Al-Qur'an. Oleh sebab itu, untuk bisa membaca kitab kuning berikut arti harfiah kalimat per kalimat agar bisa dipahami secara menyeluruh, dibutuhkan waktu belajar yang relatif lama. Kini di era modern Kitab-kitab tersebut telah dialih berkaskan menjadi fail buku elektronik, misalnya chm atau pdf. Ada juga software komputer dalam penggunaan kitab-kitab ini yaitu Maktabah Syamila (Shameela) yang juga mulai populer digunakan dikalangan para santri pondok pesantren modern.

Asal Usul Kitab Kuning
Kitab kuning berasal dari Timur Tengah sesampai di daerah setempat disalin kembali
dengan bahasa setempat tapi masih bertuliskan Arab gundul, misal kitab kuning di Jawa
ditulis dalam bahasa Jawa tapi dengan tulisan Arab.

Kitab kuning pada umumnya diajarkan di pondok-pondok pesantren tradisional, kitab kuning sekarang juga banyak dijual di toko buku online, bahkan sudah ada kitab kuning terjemahan bahasa Indonesia di Google Playstore. Walaupun hanya terjemahan tetapi
isi sesuai dengan maksud teks buku aslinya. Sumber pengambilan (referensi/maraji’) jelas, dan dapat dilacak sesuai teks buku aslinya bagi yang mengerti bahasa Arab. Buku ini juga memuat huruf Arab, terutama ayat-ayat Al Qur’an dan Hadits-hadits, hanya saja dengan terjemahan huruf Latin. Kitab kuning merupakan referensi yang penting bagi sumber hukum Islam, sehingga mau tidak mau kitab kuning harus dipelajari dan dikuasai. Semakin lama, orang yang bisa membaca dan memahami kitab kuning semakin langka.

Isi/Materi Kitab Kuning
Isi pelajaran kitab kuning mulai dari masalah aqidah, tata bahasa Arab, ilmu tafsir, ilmu hadits, imu ushul fiqih, ilmu fiqih, ilmu sastra bahkan sampai cerita dan hikayat yang tercampur dengan dongeng.

Kini di era modern Kitab-kitab tersebut telah dialih berkaskan menjadi fail buku elektronik, misalnya chm atau pdf. Ada juga software komputer dalam penggunaan kitab-kitab ini yaitu Maktabah Syamila (Shameela) yang juga mulai populer digunakan dikalangan para santri pondok pesantren modern.

Jika ingin tahu lebih dalam silahkan download
Kitab kuning Terjemah






Tidak ada komentar:

Posting Komentar