Rabu, 22 Agustus 2018

Wanita Sholehah








Apa itu Wanita Sholehah?
Wanita sholehah adalah seorang wanita yang taat kepada Allah, patuh pada orang tua dan patuh pada suaminya.Wanita Sholehah adalah wanita yang memiliki kelembutan Khadijah, Ketabahan Fatimah dan Kecantikan Aisyah... Wanita ini memang kelihatan lembut, Namun kelembutannya mampu mengalahkan Kekerasan. Jadi wanita sholehah itu sudah pasti mempunyai kecantikan hati. Karena wanita sholehah itu akan menjadi dalam sebuah keluarga adalah tiang keluarga yang senantiasa harus kokoh. Baik buruknya sebuah keluarga. Karena istri sholehah akan membuat rumah menjadi surga, dan
selalu memberikan kenyamanan dan semangat pada suami.

Sebaik-Baik Perhiasan Dunia Adalah Wanita Shalihah ‪Namun, wanita juga bisa menjadi fitnah yang besar, sesuai dengan hadits berikut: Tidak pernah aku tinggalkan fitnah yang lebih berbahaya terhadap kaum pria daripada fitnah para wanita. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Mengapa wanita bisa menjadi fitnah bagi kaum Adam?
“Wanita adalah aurat, jika ia keluar maka syaitan memandangnya”
(HR At-Thirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani) ‪
Maksud dari hadits di atas adalah, berkata Al-Mubarokfuuri,
“Yaitu syaitan menghiasi wanita pada pandangan para lelaki, dan dikatakan (juga) maksudnya adalah syaitan melihat wanita untuk menyesatkannya dan (kemudian) menyesatkan para lelaki dengan memanfaatkan wanitatersebut.”
(Tuhfatul Ahwadzi 4/283) ‪Berkata Al-‘Ala’ bin Ziyad,
“Janganlah engkau mengikutkan pandanganmu pada pakaian seorangwanita.

Sesungguhnya pandangan menimbulkan syahwat dalam hati” Ibnul Qoyyim berkata, “Kebanyakannya maksiat itu masuk kepada seorang hamba melalui empat pintu, yang keempat pintu tersebut adalah kilasan pandangan, betikan di benak hati, ucapan, dan tindakan,” ‪Tidak hanya laki-laki, wanita pun diperintahkan oleh Allah untuk menjaga pandangannya, sesuai dengan firman Allah yang artinya:
 “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya,”(QS. An Nuur: 30-31) ‪
Dari ayat di atas, kita tahu bahwa Allah memerintahkan untuk menjaga pandangan ini kepada manusia baik laki-laki maupun wanita.

Agama Islam sudah mengatur segala macam urusan, termasuk didalamnya urusan jodoh
Menurut hadist Nabi Muhammad SAW, setidaknya ada 4 faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih jodoh. Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda:
  “Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya
  dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau
  akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, dan al-Darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra)

Hadist ini mengisyaratkan bagaimana memilih jodoh yang baik. Meski Nabi mendahulukan harta, nasab, dan kecantikan namun junjungan alam ini dalam akhir hadistnya mengatakan bahwa sebaiknya memenangkan mereka yang baik agamanya. Hal ini menandakan bahwa sebenarnya agama merupakan kriteria paling utama.

Wanita Muslimah Galeri




Tidak ada komentar:

Posting Komentar